Minggu, 16 Oktober 2011

TUGAS KE 2

1. Kenapa informasi harus dikelolah dengan baik dan benar oleh para tingkatan manager?

Informasi harus dikelola dengan baik dan benar oleh para tingkatan manager agar memberikan manfaat yang maksimal. Penerapan sistem informasi di dalam suatu organisasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan informasi yang dibutuhkan, khusunya oleh para manager. 


2.Informasi yang dibutuhkan oleh para manager harus mempunyai nilai yaitu : Up todate, Detail dan Accurate. Coba jelaksan maksud point-point tersebut dan berikan contoh jawaban anda.

a. Up todate.
“how  quickly  is  input  transformed  to correct output?” bahwa  informasi  yang  dihasilkan  dari suatu  proses  pengolahan  data,  datangnya  tidak  boleh  terlambat. Informasi  yang  terlambat tidak akan mempunyai  nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakkan yang akan diambil.
Kebutuhan akan tepat waktunya sebuah informasi itulah yang pada akhirnya akan menyebabkan mahalnya nilai suatu informasi. Hal itu dapat dipahami karena kecepatan mendapatkan, mengolah dan mengirimkan informasi tersebut memerlukan teknologi – teknologi terbaru.

b. Detail
Sebuah informasi  harus detail. yang dimaksud detail disini adalah informasi yang sangat jelas agar informasi memiliki kualitas yang baik.
Jika informasi tersebut memiliki efisiensi, yang berarti bahwa informasi tersebut tepat guna bagi pemakainya.
Contohnya adalah seorang manager atau atasan yang memberikan suatu informasi kepada bawahannya dengan sejelas-jelasnya.


c. Akurat (accurate)
Sebuah informasi dapat dikatakan akurat  jika  informasi  terebut  tidak biasa  atau menyesatkan, bebas dari  kesalahan – kesalahan  dan  harus  jelas  mencerminkan  maksudnya. Ketidak-akuratan sebuah  informasi  dapat  terjadi  karena sumber informasi (data) mengalami ganguan  atau  kesengajaan sehingga  merusak  atau  merubah data asli tersebut, beberapa hal dapat berpengaruh terhadap keakuratan sebuah informasi antara lain adalah :
 
* Kelengkapan (completeness) informasi
“are necessary message items present ?” informasi yang lengkap, berarti bahwa informasi yang dihasilkan terdiri dari satu kesatuan informasi yang menyeluruh dan mencakup berbagai hal yang terkait didalamnya. Karena apabila informasi yang dihasilkan sebagian – sebagian tentunya akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan atau menentukan tindakan secara keseluruhan, sehingga akan berpengaruh terhadap kemampuanya untuk mengontrol atau memecahkan suatu masalah dengan baik.
 
* Kebenaran (correctness) informasi
“are message items correct?” informasi yang dihasilkan oleh proses pengolahan data, haruslah benar sesuai dengan perhitungan – perhitungan  yang  ada dalam proses tersebut. Sebagai  contoh, jika sebuah informasi menunjukan total  nilai  gaji yang  harus dibayarkan pada  seorang  pegawai, maka informasi  tersebut  haruslah  sudah  benar dan  memuat perhitungan - perhitungan  matematis yang ada di prosesnya seperti perhitungan  tunjangan, perhitungan potongan dan  yang  lainnya. 

3. Coba anda jelaskan informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan oleh para tingkatan managerial dalam melaksanakan fungsinya dalam hal yaitu : Planning, Organizing dan Controling
 Planning adalah sebuah perencanaan  awal yang membuat diskusi atau pertemuan menjadi lebih efektif dan efisien.
Organizing adalah menghasilkan ide organisasi yaitu bagaimana tetap memfokuskan pada tujuan rapat pertemuan atau meeting, mencari cara yang paling efisien untuk mengorganisir ide yang dihasilkan dalam sesi dan mengevaluasi ide dalam batasan waktu yang sesuai. 
Controling adalah pengontrolan atau pengawasan dari berjalannya keputusan itu sendiri.

1 komentar:

  1. Pak mur, ini tugas kedua laura. mohon dinilai dan diberi saran dan kritik bilamana ada kesalahan. terimakasih

    BalasHapus