Informasi harus dikelola dengan baik dan benar oleh para tingkatan manager agar memberikan manfaat yang maksimal. Penerapan sistem informasi di dalam suatu organisasi dimaksudkan untuk memberikan dukungan informasi yang dibutuhkan, khusunya oleh para manager.
2.Informasi yang dibutuhkan oleh para manager harus mempunyai nilai yaitu : Up todate, Detail dan Accurate. Coba jelaksan maksud point-point tersebut dan berikan contoh jawaban anda.
a. Up todate.
“how quickly is input transformed to correct output?” bahwa informasi yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan data, datangnya tidak boleh terlambat. Informasi yang terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dapat menimbulkan kesalahan dalam tindakkan yang akan diambil.
Kebutuhan akan tepat waktunya sebuah informasi itulah yang pada akhirnya akan menyebabkan mahalnya nilai suatu informasi. Hal itu dapat dipahami karena kecepatan mendapatkan, mengolah dan mengirimkan informasi tersebut memerlukan teknologi – teknologi terbaru.
b. Detail
Sebuah informasi harus detail. yang dimaksud detail disini adalah informasi yang sangat jelas agar informasi memiliki kualitas yang baik.
Contohnya adalah seorang manager atau atasan yang memberikan suatu informasi kepada bawahannya dengan sejelas-jelasnya.
c. Akurat (accurate)
Sebuah informasi dapat dikatakan akurat jika informasi terebut tidak biasa atau menyesatkan, bebas dari kesalahan – kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya. Ketidak-akuratan sebuah informasi dapat terjadi karena sumber informasi (data) mengalami ganguan atau kesengajaan sehingga merusak atau merubah data asli tersebut, beberapa hal dapat berpengaruh terhadap keakuratan sebuah informasi antara lain adalah :
* Kelengkapan (completeness) informasi
“are necessary message items present ?” informasi yang lengkap, berarti bahwa informasi yang dihasilkan terdiri dari satu kesatuan informasi yang menyeluruh dan mencakup berbagai hal yang terkait didalamnya. Karena apabila informasi yang dihasilkan sebagian – sebagian tentunya akan mempengaruhi dalam pengambilan keputusan atau menentukan tindakan secara keseluruhan, sehingga akan berpengaruh terhadap kemampuanya untuk mengontrol atau memecahkan suatu masalah dengan baik.
* Kebenaran (correctness) informasi
“are message items correct?” informasi yang dihasilkan oleh proses pengolahan data, haruslah benar sesuai dengan perhitungan – perhitungan yang ada dalam proses tersebut. Sebagai contoh, jika sebuah informasi menunjukan total nilai gaji yang harus dibayarkan pada seorang pegawai, maka informasi tersebut haruslah sudah benar dan memuat perhitungan - perhitungan matematis yang ada di prosesnya seperti perhitungan tunjangan, perhitungan potongan dan yang lainnya.
3. Coba anda jelaskan informasi-informasi apa saja yang dibutuhkan oleh para tingkatan managerial dalam melaksanakan fungsinya dalam hal yaitu : Planning, Organizing dan Controling
Planning adalah sebuah perencanaan awal yang membuat diskusi atau pertemuan menjadi lebih efektif dan efisien.Organizing adalah menghasilkan ide organisasi yaitu bagaimana tetap memfokuskan pada tujuan rapat pertemuan atau meeting, mencari cara yang paling efisien untuk mengorganisir ide yang dihasilkan dalam sesi dan mengevaluasi ide dalam batasan waktu yang sesuai.
Controling adalah pengontrolan atau pengawasan dari berjalannya keputusan itu sendiri.
Pak mur, ini tugas kedua laura. mohon dinilai dan diberi saran dan kritik bilamana ada kesalahan. terimakasih
BalasHapus