Minggu, 23 Oktober 2011

TUGAS 5 ( KULIAH ONLINE ) tentang CBIS

1. CBIS ( Computer Base Information System) adalah 
Istilah sistem informasi berbasis komputer  yang dapat memberi kesempatan untuk meningkatkan komunikasi dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
CBIS ( Computer Base Information System ) juga  merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer.  
Dan pusat kekuatan informal dari suatu organisasi yang dapat mempengaruhi keberhasilan CBIS juga harus diidentifikasikan dan dimasukkan dlm perancangan.


2. Peran spesialis informasi terhadap pengembangan CBIS  :
Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sangat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi tersebut. Manajemen sebagi suatu metode yang mengatur, mengelola organisasi dapat diartikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang. Jika manajemen suatu organisasi baik maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara. 
Dalam menjalankan tugasnya , para manajer memerlukan informasi, karena adanya perbedaan tugas maka informasi yang diperlukan juga akan berbeda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh adanya periode waktu, tingkat ketidakpastian, tipe informasi, dasar kebutuhan informasi dan bentuk pelaporan. Sehingga dapat dikategorikan bahwa informasi adalah salah satu jenis sumberdaya utama, dan termasuk dalam kategori sumberdaya konseptual.

1 komentar:

  1. good answer, but for point 2 please mention who is information specialisms and describe each point.

    thanks

    your score +2

    BalasHapus