Rabu, 02 November 2011

TUGAS MICE EMAIL 1


Merlin mol convention centre terletak di kota Bandung, yang memiliki fasilitas sebagai berikut :
        Parking space avaliable for 200 cars
        Room numbers 320 rooms
        Food and Beverages Service : Coffee shop, Gourmet Restaurant, Bar.
        Other Services : Swimming Fool, Banquet Rooms, Function Rooms (Bali Room, Seram Room, Flores Room), fasilitas bank, money changer, telecomunication service, shopping centre
Sejauh ini telah dilaksanakan berbagai konvensi skala internasional dan nasional. Adapun pelayanan Pre, During and Post Conference Tours terbatas bagi atraksi-atraksi wisata di Jawa Barat dan DKI Jakarta.
Saudara diminta untuk memberikan pendapat tentang fasilitas dan pelayanan konvensi yang harus disediakan bagi pangsa pasar Merlin Mol.
Buatlah analisa kebutuhan fasilitas dan pelayanan yangada saat ini serta kebutuhan masa yang akan datang (forecasting)

Menurut pendapat analisis saya parking space di Merlin mol  convention kurang memadai, seharusnya  untuk Merlin moll berskala internasional dan nasional disediakan sekitar 500 sampai 550 parkiran mobil. Dan bukan hanya untuk mobil saja, tapi sebaiknya untuk parkiran motor pun sebaiknya disediakan sekitar 250 kapasitas. Sedangkan untuk fasilitas kamarnya perlu diperbanyak juga. kamar yang awalnya berjumlah 320 rooms bisa diperbanyak menjadi 360 rooms.
Adapun  pada fasilitas food and beverages service saya berpendapat  kurang lengkap. Selain ada  Coffee shop, Gourmet Restaurant, dan  Bar di Merlin mol convention centre , seharusnya disediakan  Executive Lounge, The Cake Shop , Cafetarian , serta money changer dan drugstore. Sedangkan menurut pendapat saya untuk fasilitas other servicenya  sangat memadai untuk para  bisnisman.
Namun menurut saya untuk hiburan sebaiknya lebih diperbanyak lagi . mulai dari atraksi-atraksi daerah lain yang lebih beragam, jangan hanya atraksi daerah Jawa Barat dan Jakarta saja . contohnya atraksi tarian dari daerah Sumatra Utara ( Tari Tor-Tor) dan wilayah timur (Tari dayak) agar lebih menarik bagi para wisatawan asing maupun lokal.


Analisa kebutuhan dan pelayanan di Merlin Mol Convention Centre:
  • Disediakannya alat transportasi shuttle bus transfer in transfer out bagi tamu Merlin Mol Convention Centre agar mudah menuju kota dari tempat penyelenggaraan maka.
  •  Adanya ladies program untuk tamu para istri, jadi jika suami sibuk meeting, istri bisa mengikuti kegiatan ini.
  • Disediakannya paket city tour keliling kota Bandung bagi para tamu yang menginap lebih dari satu hari. Selain itu juga disediakan adanya technical visit bagi tamu.
  • Tersedia pameran kebudayaan dari berbagai propinsi wilayah sekitar  yang diadakan setiap tahun bila sedang ada event tersebut sehingga para tamu bisa mengenali kebudayaan yang dimiliki Indonesia.
  • Adanya counter khusus yang menjual hasil kerajinan tangan atau hasil karya dari berbagai propinsi yang ada di indonesia.

1 komentar: